Widget edited by super-bee

Khasiat Air Putih

Artikel
Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Namun, tahukah Anda, ternyata banyak manfaat yang direguk dari air putih, selain nikmatnya kesegaran. Jika suasana hati/pikiran Anda sedang tidak menyenangkan (galau), minumlah air putih agar kembali segar. Pada dasarnya penyebab pikiran menjadi tidak kondusif adalah kurangnya kadar air di otak Anda. Dengan Anda meminum air putih, pikiran Anda akan fresh kembali

Dari kecil, kita sudah diajarkan untuk mengkonsumsi air putih.
Namun, sering kali kita mengabaikan dan menyepelaekan manfaat air putih itu sendiri.
Kita sering kali lebih menyukai konsumsi minuman yang manis-manis. Dan kurang tertarik dengan air putih. Meskipun kelihatannya, air putih itu sederhana. Namun ternyata memiliki khasiat yang luar biasa.
Khasiat air putih masih banyak orang yang belum tahu. Mungkin karena ini sudah menjadi kebutuhan, rasanya jadi tidak masalah kalau kita tidak tahu manfaatnya.

Air menjadi zat terpenting kedua bagi tubuh kita setelah Oxygen. Didalam tubuh kita sebagai manusia terdiri atas 70 persen zat cairan. Sedangkan rata-rata cairan di tubuh kita tersebut terdiri atas 80% air.

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus, dll. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan.  Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto, dll), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup dll. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Jika kekurangan air, yang haus bukan hanya mulut, melainkan otak. 

Padahal pasokan air putih yang cukup sangat penting bagi tubuh. Seberapa banyak air yang harus dikonsumsi per harinya agar tubuh bisa merasakan khasiat air putih?

Secara umum, jika kita memperhitungkan aktifitas yang wajar, maka tubuh kita membutuhkan 8 gelas air putih per hari. Jumlah ini akan semakin bertambah seiring dengan tingginya aktifitas yang dilakukan.


Menurut Prof Dr Ir Hardinsyah, ahli gizi dan pangan sekaligus dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Petanian Bogor (IPB), kekurangan air bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan otak. "Kurang 1 persen saja bisa mengalami gangguan ingatan," ujarnya dalam acara seminar 'Waspadai Efek Dehidrasi Terhadap Kesehatan di Hotel Akmani, Jakarta, Kemis (22/10/2009). Hardinsyah mengatakan bahwa hampir sebagian besar komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Hal itu pun dibenarkan oleh Dr dr Parlindungan Siregar SpPD.KGH, seorang dokter spesialis penyakit dalam di FKUI-RSCM. "Ketika tubuh kekurangan air atau dehidrasi, cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut. Dan ketika itu terjadi, otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi," jelasnya. Menurutnya, dehidrasi bisa menyebabkan gejala ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian. Dalam sebuah studi di Amerika yang dilakukan oleh Robert Kenetick tahun 2007, dikemukakan bahwa produktivitas pekerja kantoran terbukti menurun karena tidak minum air sesuai anjuran 2-3 liter per hari), Padahal sudah disediakan air di meja, tapi nggak diminum. Diminumnya hanya kalau mau makan saja. Padahal di Amerika sana, setiap 20 menit disediakan i cup air untuk minum.

Menurut Jim White, ahli diet di Virginia Beach American Dietetic Assosiation, seperti dikutip Times of India, konsumsi air di dalam tubuh sangatlah penting. Namun terdapat begitu banyak orang yang mengalami kekurangan air di dalam tubuhnya, sehingga terlihat penurunan besar dalam kinerja atletik dan kelelahan yang disebabkan oleh kurangnya air yang menyebabkan dehidrasi.

Otak terdiri dari air 90%, oleh karena itu, otak saja membutuhkan banyak cairan agar bisa berfungsi dengan baik. Statistik lainnya di berbagai bagian tubuh manusia antara lain: tulang manusia terdiri dari 22%, darah terdiri dari 83% dan terakhir, otot mengandung 75%. Karena itu amat penting asupan cairan yang cukup untuk keberlangsungan hidup manusia. Otak adalah bagian yang membutuhkan kandungan air 75% dan telah menunjukan bahwa orang yang menderita dehidrasi kronis dapat mengalami masalah neurologis. Seluruh sistem saraf adalah serangkaian syaraf yang dilalui air. Kurang minum, air putih dapat mengakibatkan penebalan saluran air, penebalan tersebut ditandai dengan tumbulnya masalah seperti Attention Deficit Disorder, Chronic Fatigue Syndrome, Kecemasan, Depresi dan bahkan ganguan mental degeneratif seperti Alzheimer.

Fungsinya penting banget dalam proses pencernaan, penyerapan makanan, sirkulasi, menghasilkan air liur, angkutan nutrisi tubuh, dan menjaga suhu tubuh. air digunakan untuk proses metabolisme, apabila metabolisme lancar maka tubuh kita akan lebih sehat. selain itu air juga membantu mengurangi kinerja dari hati dan lambung sehingga kondisi kedua organ tersebut juga akan semakin baik dengan kata lain mengurangi terjadinya penyakit hati dan ginjal. Dengan kurangnya meminum air putih, tingkat resiko terserang batu ginjal  juga akan semakin tinggi bagi orang dewasa maupun anak-anak. Dengan minum cukup air putih, maka Kristal padat atau yang sering disebut batu ginjal akan mencair di dalam urin kita dan dengan meminum air setiap hari dapat membantu ginjal dalam menghilangkan racun dalam tubuh akibat sisa-sisa pembuangan dalam tubuh.

Mengapa sering kali kita mendengar anjuran untuk minum air putih kurang lebih 8 gelas sehari? Apa sih manfaat serta apa pula bahayanya jika tubuh kita kekurangan cairan?


Kekurangan 15-25 persen tubuh akan berakibat fatal bagi tubuh manusia. Disamping itu, kekurangan konsumsi air putih dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ tubuh manusia, misalnya gangguan pada ginjal, seperti timbulnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Sehingga setiap orang dianjurkan minum air putih dalam jumlah cukup banyak dan juga harus tahu akan manfaat air putih bagi kesehatan. Gejala lain akibat kekurangan konsumsi air putih yaitu darah akan mengental, sehingga akan mengalami rasa capek dan lesu yang berlebihan dan sering mengantuk. Hal tersebut dikarenakan cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan lain didalam tubuh.

Mengapa kita harus lebih banyak minum air putih?


Lebih dari 80% komponen tubuh kita adalah cairan, organ yang yang terutama sangat besar cairannya adalah darah dan otak, yaitu 90% dan 95% komponen utamanya adalah air. Organ manusia yang paling vital adalah otak, sel-sel otak merupakan sel permanen yaitu sel yang tidak mampu memperbaiki dirinya jika sel-sel dalam otak sudah terganggu atau rusak, oleh karena itu sel-sel ini sangat dilindungi. Terdapat selaput pelindung otak yang sebagian besar merupakan cairan atau membran, disinilah peran cairan dalam melindungi organ vital tersebut. Sedangkan darah terdiri dari 95% air, yang berperan dalam proses sirkulasi darah dalam tubuh, baik mengangkut bahan metabolisme keseluruh organ tubuh kita maupun mengangkut hasil metabolit untuk dikeluarkan melalui ginjal. Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi, darah akan mengental dan proses sirkulasi metabolisme dalam tubuh akan terganggu.

Darah yang telah mengental, saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah) ginjal akan bekerja ekstra keras untuk menyaring darah, dan karena saringan dalam ginjal itu halus, tak jarang darah yang mengental menyobek glomerolus dalam ginjal, dan akibatnya air seni anda akan berwarna kemerahan, itu tanda mulai bocornya saringan ginjal (melemahnya fungsi ginjal). Saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanan (sirkulasi) akan terhambat. Hal tersebut menyebabkan kinerja otak tidak lagi "encer". Dan karena sel otak adalah sel yang paling banyak mengkonsumsi makanan dan oksigen, maka lambatnya aliran darah ini akan menyebabkan sel otak mati dan tidak lagi berfungsi sebagai mana mestinya. Apabila ini ditambah dengan gangguan jantung (jantung bekerja ekstra keras karena memompa darah yang mengental), maka serangan stroke bisa lekas datang. Air putih juga membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, mencegah penyakit batu ginjal dan hati.

Ketika kita dehidrasi, kulit akan berkerut lebih dalam dan Nampak garis-garis halus. Dengan meminum air putih maka sel-sel kulit akan dihidrasi dan mengangkat kembali sel-sel tersebut. Hal ini membuat kulit wajah kita tampak lebih muda. Juga bisa membuat wajah kita Nampak bercahaya, jernih, bersih karena air membantu mengeluarkan kotoran dan meningkatkan aliran dan sirkulasi darah kita. Jika kita mengalami dehidrasi maka kita akan merasa lelah. Oleh karena itu minumlah air putih jika sudah merasa kelelahan. Karena dengan minum air putih akan mempermudah darah mentranspostasi oksigen dan nutrisi-nutrisi penting lainnya ke sel. Dan juga dapat membantu pekerjaan jantung memompa darah keseluruh tubuh kita agar tidak bekerja dengan keras.

Air yang terbuang melalui keringat dan saluran pernafasan dalam sehari maksimum 1liter, tergantung dari suhu dan udara disekitar kita. Belum lagi kalau seseorang tesebut sedang terserang demam, kandungan air yang dikeluarkan dalam setiap nafasnya meningkat, sedangkan jumlah air yang dihirup melalui pernafasannya berkurang drastis karena akibat kelembapan suhu udara disekitar tubuhnya.

Air juga Mengganti cairan isotonik dalam tubuh pada saat bangun tidur, karena pada saat tidur tubuh kita akan kekurangan cairan oleh karena itu manfaat air putih ketika diminum setelah bangun tidur adalah menggantikan cairan tubuh yang hilang itu.

Air juga dikeluarkan tubuh melalui air seni dan keringat. Jumlah air yang dikeluarkan tubuh melalui air seni sekitar 1 liter per hari. Kalau jumlah tinja yang dikeluarkan pada orang sehat sekitar 50 – 400 g/hari, kandungan aimya sekitar 60 – 90 % bobot tinja atau sekitar 50 – 60 ml air sehari. Sedangkan, air yang terbuang melalui keringat dan saluran napas dalam sehari maksimum 1 liter, tergantung suhu udara sekitar. Belum lagi faktor pengeluaran air melalui pernapasan. Seseorang yang mengalami demam, kandungan air dalam napasnya akan meningkat. Sebaliknya, jumlah air yang dihirup melalui napas berkurang akibat rendahnya kelembapan udara sekitamya. Tubuh akan menurun kondisinya bila kadar air menurun dan kita tidak segera memenuhi kebutuhan air tubuh tersebut. 

Kardiolog dari AS, Dr James M. Rippe memberi saran untuk minum air paling sedikit seliter lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22 % Bisa dimengerti bila kehilangan 7%, kita akan mulai merasa lemah dan lesu. Asal tahu saja, aktivitas makin banyak maka makin banyak pula air yang terkuras dari tubuh. Untuk itu, pakar kesehatan mengingatkan agar jangan hanya minum bila terasa haus Kebiasaan banyak minum, apakah sedang haus atau tidak, merupakan kebiasaan sehat.

Jika kuliah atau bekarja di ruang ber-AC, dianjurkan untuk minum lebih banyak karena udara yang dingin dan tubuh cepat mengalami dehidrasi. Banyak minum juga akan membantu kulit tidak cepat kering. Di ruang yang suhunya tidak tetap pun dianjurkan untuk membiasakan minum meski tidak terasa haus untuk menyeimbangkan suhu. Dalam batas normal, atau aktivitas sedang, kebutuhan kita akan cairan sebesar 2.000-2.500 ml/ hari.  Trik menghitungnya: rata-rata satu gelas volumenya 250 ml. Itu berarti setiap hari Anda membutuhkan sekitar 8 gelas air.

AIR MINUM ANDA SUDAH LAYAK KONSUMSI?


Menurut dr. Sukarliono dalam kompas Cyber Media menyebutkan, air yang baik adalah air yang tidak berbau serta tidak mengandung polutan seperti logam berat dan zat kimia seperti kaporit atau tawas. Kriteria tersebut terdapat pada air minum dalam kemasan, tapi harus berhati-hati juga, karena tidak semua air minum dalam kemasan steril dari berbagai bakteri dan virus.
oleh karena itu, kenalilah air yang kita konsumsi,

  • samakah kualitas dan keamanan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang beredar saat ini?
  • air apa yang anda konsumsi?

untuk dapat mengetahui jawaban tersebut, silahkan baca artikel kami tentang "Air Minum Anda Sudah Layak di Konsumsi?"

MANFAAT AIR PUTIH

Manfaat minum air putih bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Di bawah ini akan saya bahas tentang Manfaat air putih untuk kesehatan :

Memperlancar sistem pencernaan.

Karena digunakan sebagai bahan utama dalam metabolisme sel dalam tubuh maka secara tidak langsung air juga dapat membantu dalam memperlancar proses pencernaan dalam tubuh sehingga cairan tubuh yang seimbang dapat menjaga fungsi saluran pencernaan.


Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit.

Pernahkah Anda makan sesuatu dan merasa tenggorokan jadi tak nyaman. Biasanya, solusi paling mudah adalah dengan minum air.  Nah, dalam sistem pencernaan kita pun hampir sama prosesnya. Dengan minum air putih, akan melancarkan pencernaan dalam  melakukan tugasnya. Karena usus amat leluasa menggiling makanan dan menyerap sarinya. Tak hanya itu, proses pembakaran kalori pun berjalan lebih maksimal dengan minum air putih sehingga tubuh akan terasa lebih fit setiap hari. Jika kurang air, usus besar menyerap kembali cairan dari kotoran. Inilah penyebab sembelit dan susah buang air besar, karena terlalu kering setelah airnya disedot kembali oleh tubuh. Jadi sebaiknya meminum air segar, atau Anda membiarkan usus besar mengorek sisa air dari calon tinja.

Untuk mengontrol kalori.

Dalam beberapa tahun terakhir peserta diet menenggak banyak air minum nonkalori sebagai cara menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung banyak air cenderung untuk kerap dikunyah dan diserap tubuh perlahan. Ini menumbuhkan rasa kenyang. Makanan itu di antaranya adalah buah-buahan, sayuran, sup, gandum, dan kacang-kacangan.

Merawat kecantikan  dan Membuat kulit bercahaya serta Menyegarkan kulit.

Seperti yang sudah dikemukakan, tubuh kita sebagian besar terdiri dari cairan.
Karena itu, jika tubuh kekurangan cairan, maka secara otomatis, tubuh akan menyerap kadar air yang ada pada kulit dimana komposisi dari kulit itu terdiri dari 70% kandungan air. Jika dibiarkan dan apabila anda tidak cukup banyak mengkonsumsi air, anda dapat terkena masalah kulit seperti, berjerawat, kulit kering hingga keriput. Kulit sendiri pun dapat menyebabkan masalah tambahan seperti eksim, scaling retak, dan infeksi. Kurang cairan menyebabkan sel-sel kulit mengerut.

oleh karena itu para ahli berpendapat bahwa dengan meminum air yang cukup setiap harinya akan memperlambat proses penuaan dan keriput pada kulit sehingga secara tidak langsung air dapat membantu mengencangkan kulit. Disamping itu Air akan membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Minum cukup air tidak hanya menjaga kelembaban kulit sehingga tidak tampak kering dan kusam, namun juga dapat membantu membuang racun di dalam tubuh sehingga kulit senantiasa terjaga kesehatannya.  Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.

Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh hares benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8 – 10 gelas sehari.

Menyembuhkan berbagai penyakit ringan dan berat

Salah satu upaya mengeluarkan penyakit dan kotoran dari dalam tubuh adalah melalui keringat dan air seni. Karena itu, minum air putih yang banyak akan membantu mempercepat proses ini. Bahkan, ada beberapa terapi kesehatan, seperti penyembuhan asam urat, mensyaratkan minum air putih dalam porsi besar. Dari sana, penyakit akan ikut terbuang dengan kotoran di keringat dan air seni sehingga tubuh akan kembali fit.

Membantu menjaga berat badan

Mara Z. Vitolins, seorang ahli nutrisi dari Wake Forest University Baptist Medical Center menuturkan umumnya tubuh tidak bisa membedakan antara rasa lapar dan haus, karenanya konsumsi air minum bisa membantu membedakan hal tersebut. Sehingga bagi yang ingin menguruskan badan pun, Salah satu cara agar tidak terlalu banyak makan adalah dengan minum air putih hangat sebelum makan besar (sehingga merasa agak kenyang). Dengan adanya penurunan nafsu makan begitu, kita akan lebih mampu mengontrol banyaknya asupan makanan yang kita makan sehingga membantu menurunkan berat badan, dan menghindari konsumsi minuman lain yang tinggi gula, aklori atau kafein.

Minum segelas air putih juga mengurangi hasrat makan cemilan berlebihan. Minum air putih mempercepat metabolisme dan mencegah pembentukan lemak dalam tubuh. Air putih yang masuk ke dalam tubuh juga akan membantu memperlancar pencernaan. Dengan sistem ini, maka kita akan lebih mudah menjaga berat badan. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Air putih juga bersifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine.

Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Mau kurus?, minum air putih saja.

Tubuh Lebih Bugar

Khasiat air tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tapi juga sebagai zat yang sangat diperlukan tubuh. Kita mungkin lebih dapat bertahan kekurangan makan beberapa hari ketimbang kurang air. Sebab, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia. air akan membuat kebugaran tubuh kita menjadi lebih baik sebab stamina akan kembali pulih. Air putih juga bisa membuat tubuh menjadi bugar sehingga bisa menjaga suasana hati menjadi lebih baik sepanjang hari.

Penyeimbang tubuh

Jumlah air yang menurun dalam tubuh, fungsi organ-organ tubuh juga akan menurun dan lebih mudah terganggu oleh bakteri, virus. Namun, tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira-kira 2-2,5 l (8 – 10 gelas) per hari. Jumlah kebutuhan air ini sudah termasuk asupan air dari makanan (seperti dari kuah sup, soto), minuman seperti susu, teh, kopi, sirup. Selain itu, asupan air juga diperoleh dari hasil metabolisme makanan yang dikonsumsi dan metabolisme jaringan di dalam tubuh.

Dapat mengurangi tingkat stress.

Jika kita mengalami dehidrasi maka kita akan merasa stres karena mengingat bahwa jaringan otak kita terdiri dari 85% air. Jadi jangan sampai tubuh kita kekurangan air agar kita bisa bekerja keras dengan semangat.

Membantu Mencegah stroke

Dengan minum air putih, cairan yang masuk dapat membantu memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Selain itu, oksigen yang masuk dalam tubuh lebih tertata dengan baik karena dibantu oleh cairan yang masuk. Dengan cara ini, maka tubuh akan mampu menjaga kestabilan sirkulasi darah sehingga dapat membantu mencegah stroke. 

Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit (gatal-gatal), tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan. Efek panas menyebabkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran. Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas, membantu pelebaran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

Menyehatkan jantung

Air  membantu jantung dalam memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Makanya, ketika terjadi dehidrasi (kurang cairan), jantung harus bekerja lebih keras. Akibatnya, tekanan darah pun menurun.

Memelihara fungsi ginjal.

Cairan tubuh merupakan media yang berguna untuk mentransportasi sisa atau limbah untuk keluar dan masuk kedalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan diekresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas, jernih dan bebas bau dan sebaliknya jika kekurangan air maka konsentrasi urin, warna dan bau akan kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila minum sedikit air maka orang akan beresiko mengalami batu ginjal. Ginjal akan berfungsi normal jika keseimbangan air dalam tubuh terjaga. Sampah utama dalam tubuh adalah nitrogen urea, yang larut dalam air, kemudian disaring oleh ginjal dan dibuang melalui urin. Ginjal bekerja amat baik jika didukung cairan tubuh seimbang. Tubuh yang cukup air menghasilkan urin berwarna terang, tidak bau, dan mengalir lancar.

Mempertahankan fungsi usus.

Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Ketika anda tidak punya cukup cairan maka usus akan menyerap cairan dari feses untuk tetap menjaga hidrasi sehingga hal ini dapat menyebabkan gangguan buang air besar. Manfaat terapi air putih akan sangat terasa jika anda menjalankannya terutama bagi anda yang sedang bermasalah dengan masalah pencernaan

Mengurangi resiko terkena nyeri pada sendi

Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak dapat mengurangi terkena nyeri pada sendi. Dalam kebutuhan tubuh yang mencangkup kebutuhan air ternyata air putih dibutuhkan oleh tulang rawan berikut sendi yang normalnya membutuhkan air. Jika tulang tersebut kekurangan air maka akan menipis dan tidak dapat melindungi sendi-sendi dengan baik. Hal tersebut yang mengakibatkan sendi dan tulang terasa ngilu/ nyeri

Membantu menghilangkan racun.

Waktu bangun di pagi hari minumlah air putih karena hal ini dapat membantu meringankan fungsi ginjal untuk menghilangkan racun-racun dari dalam tubuh. Sedangkan pada malam hari tubuh kita tidak mendapatkan cukup asupan cairan air. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi). Air berperan dalam penyaringan racun tubuh yang dibuang melalui urine. Kondisi yang parah juga akan mengakibatkan penyakit batu ginjal dan gagal ginjal. Air membantu dalam proses menghilangkan dan memangkas racun dan bakteri dalam tubuh. Ini adalah salah satu yang paling penting dalam manfaat air itu sendiri. Detoksifikasi dapat membantu tubuh melawan penyakit dan menyingkirkan bahan kimia yang dapat merusak sistem organ tubuh manusia.Bahkan beberapa jenis penyakit kronis sekalipun. Minum air terutamadi pagi hari akan membantu meringankan fungsi ginjal dalam hal menghilangkan berbagai racun dan produk buangan (limbah) dari dalam sistem tubuh. Hal ini karena saat malam hari tubuh tidak mendapatkan asupan cairan. Membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Dengan minum air putih setiap pagi akan membantu kerja ginjal dalam proses menawarkan racun dalam tubuh

Efek relaksasi

Cobalah berdiri di bawah shower dan rasakan efeknya di tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air mancur, berjalan-jalan di sekitar air terjun, atau sungai dan taman dengan banyak pancuran, akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, memerangi penyakit, serta membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen. Ion negatif dalam aliran darah akan mempercepat pengiriman oksigen ke dalam sel dan jaringan.
Bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dilegakan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan untuk merendam kaki dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika memilik shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya. Konon, shower juga menghasilkan ion negatif.

Untuk Kesuburan

Air ternyata juga dapat meningkatkan tingkat kesuburan seseorang baik itu laki-laki atau perempuan, ini terjadi karena air dapat merangsang produksi dari hormon-hormon seksual manusia yaitu hormon testosteron dan hormon estrogen.

Menurut sebuah lembaga penelitian di London Inggris, mandi dengan air dingin dipagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Dengan demikian maka kesuburan serta gairah seksual pun akan meningkat.

Mencegah timbulnya penyakit batuk dan flu :

air juga bermanfaat dalam mencegah penyakit tertentu diantaranya batuk dan flu. Segeralah minum air putih terutama secara rutin di pagi hari ketika kita mulai merasakan sakit tenggorokan, Dengan tambahan berdoa dan berfikiran positif Insya Allah flu dan batuk tidak jadi menyerang tubuh kita.

Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih terjadi pada saluran keluar kandung kencing (uretra), disebut sebagai uretritis, kandung kemih (sistitis), saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih dan ginjal. Di kalangan awam, penyakit ini lebih dikenal dengan sebutan penyakit anyang-ayangan. Penderita tidak dapat berkemih (buang air kecil) walaupun merasa ingin. Infeksi penyakit biasanya akibat bakteri maupun virus.

Adanya perbedaan anatomi organ kandung kemih antara pria dan wanita, menyebabkan sebagian besar penderitanya kaum wanita. Cara mengobatinya infeksi kandung kemih dengan antibiotik dan memperbanyak minum air putih, Sebab air putih akan membersihkan  tubuh. Selain itu, jika merasa akan berkemih, jangan menunda dan segera keluarkan. Berkemih (buang air kecil) secara teratur saat dirasakan kemih telah penuh menurunkan resiko terkena terjadinya infeksi saluran kandung kemih. Meskipun sebagian besar penderita kandung kemih dari jenis kelamin wanita, penyakit ini dapat diderita segala usia, anak-anak maupun orang dewasa. 

Membantu membentuk otot. 

Dengan cukup minum air putih maka dapat membantu rasa kram pada otot kita dan dapat melumasi bagain otot sendi di dalam tubuh kita. Sehingga jika kita tidak dehidrasi maka kita dapat berolahraga lebih lama lagi. Untuk meningkatkan energi otot. Jika otot terasa nyeri dan lelah adalah pertanda cairan tubuh tidak seimbang. Karena itu minum banyak air sebelum dan saat berolahraga dianjurkan untuk mengganti cairan yang hilang lantaran menjadi keringat.

Menurunkan suhu tubuh anak saat demam.

“Jika suhu anak meningkat hingga 37 °C, bisa langsung diberikan air putih. Karena demam bisa disebabkan dari kurangnya konsumsi air atau dehidrasi,” ujar dr. Attila, Spa, Duta ASI Indonesia dari Brawijaya Woman and Children Hospital saat mengisi acara talkshow “Asupan yang Sehat dan Lezat untuk Tumbuh Kembang Anakku.” Karena pengaturan keseimbangan cairan tubuh yang belum sempurna, anak-anak membutuhkan cairan yang lebih banyak. Kesadaran anak-anak akan kebutuhan cairan masih sangat rendah, untuk itu para orang tua wajib untuk memberikan cairan yang cukup pada anak Anda. Tanda dehidrasi pada anak bisa dikenali dari mata yang sedikit cekung, tidak keluar air mata saat menangis dan terlihat lemas. Jika anak masih diberikan ASI atau masih meminum susu formula, air putih harus lebih sering diberikan.

Air dingin Sehat buat mandi

Di samping menyehatkan untuk diminum, air putih juga berkhasiat untuk pengobatan dari luar tubuh dengan cara berendam atau mandi.

Sejak tahun 1857, ilmuwan Charles Darwin pernah bertanya-tanya, mengapa mandi dengan air dingin agaknya menyembuhkan dirinya dari rasa sakit, nyeri, dan mual yang dia derita. Ia penasaran sekali, namun tidak bisa menjawabnya.

Kini sebuah lembaga riset trombosis di London menyatakan telah dapat memberikan jawaban. Menurut hasil penelitian, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat.

Menurut para periset itu juga, berkat mandi pagi dengan air dingin, jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat tidak mudah retak, serta rambut pun tumbuh lebat.

Direktur lembaga riset itu, Prof. Fakkar, mengungkapkan, pengobatan melalui mandi dengan air dingin membantu menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk derita asma. Tetapi yang perlu diingat, kadar dinginnya air haruslah yang masih bisa ditahan tubuh manusia, yakni sekitar 15oC.

Fakkar juga masih melakukan penelitian terhadap 5.000 orang lagi sebagai responden. Ia mulai penelitian itu karena melihat pasien penderita keletihan tanpa sebab. Setelah mandi dengan air dingin, mereka sembuh. Sebelumnya, para pasien itu tiap harinya hanya mampu berbaring letih di ranjang selama 17 – 19 jam, tak kuasa lagi memusatkan pikiran, dan lemah serta letih. Namun setelah mandi teratur dengan air dingin keadaan mereka membaik.

Bahkan air juga diyakini dapat menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran napas, usus, penyakit kewanitaan, serta gangguan jiwa. Penyakit ringan macam batuk, pilek, suara serak kurang tidur juga bisa disembuhkan.

Di negara maju terapi dengan menggunakan air sudah dilakukan. Vincenz Priesnitz dan Pastor Sebastian Kneipp, keduanya asal Jerman, memanfaatkan air hangat dan air dingin. Semula pasien dimasukkan ke dalam bak air hangat agar berkeringat. Kemudian dipindah ke bak air dingin dan diminta berjalan-jalan sebentar agar berkeringat. Terakhir, mandi lagi dengan air dingin. Pertukaran suhu dari panas ke dingin inilah yang menjadi kunci rahasia pengobatan ahli Jerman itu.

Secara rinci, pengobatan itu berawal dari saat kulit terkena rangsangan dingin, pembuluh darah akan mengerut. Dengan menyempitnya pembuluh darah, otak besar memerintahkan agar mengirim darah panas secepatnya. Darah panas yang mengalir secara refleks semakin lama semakin tinggi peredarannya, sehingga pertahanan tubuh mendapat alarm agar bersedia mempertahankan diri. Akibatnya, kuman-kuman penyakit yang berada di dalam tubuh akan dibasmi dengan cepat.

Air hangat setelah makan

Masih tentang air, tapi kali ini kita akan membahas kebiasaan orang China dan Jepang yang selalu minum teh atau air hangat setelah makan. Berbeda dengan kebanyakan orang Indonesia yang lebih suka menyeruput air es teh usai menyantap bakso panas atau makanan lainnya. Memang enak untuk minum minuman dingin setelah makan, terlebih dalam cuaca panas seperti sekarang ini. Akan tetapi, air dingin akan memadatkan minyak yang dikonsumsi. Ia akan memperlambat pencernaan, karena pencernaan membutuhkan suasana yang encer, cair dan bukan memadat. Sekali 'kotoran' ini bereaksi dengan asam, ia akan dipecah dan diserap oleh intestine lebih cepat daripada makanan padat. Ia akan berbaris dalam usus besar. Dengan cepat, ini akan berubah menjadi lemak dan menjadi pemicu kanker. Jadi mulai sekarang, biasakan minum minuman hangat setelah makan!

Kombinasi air dan musik

Sementara itu Klinik Bad Sulza, Thuringen, Jerman, mengkombinasikan terapi air dengan musik. Program yang ditawarkan klinik itu namanya liquid sound. Untuk itu disediakan dua kolam renang masing-masing berukuran 24 m2.

Dengan kedua tangan disilangkan di belakang, tubuh peserta program yang tergabung dalam satu kelompok ini terapung di permukaan air kolam dengan posisi telentang. Tubuh mereka bisa terapung seperti di Laut Mati karena air kolam itu mengandung garam 3%.

Dalam posisi seperti itu, telinga mereka yang terendam di dalam air bisa mendengar dengan jelas alunan musik yang diputar. “Suara musik masuk lewat tulang tengkorak!” ujar Micky Reeman (46), pengelola liquid sound itu. “Seperti di rahim ibu!” komentar Rose (42), seorang peserta yang punya masalah dengan punggungnya.

Musiknya beraneka, ada musik Jepang, musik lembut, atau pop oldies. Terkadang juga diperdengarkan permainan cello pemusik Matthias von Hintzenstern. Pokoknya, seperti live concert di dalam air. Setiap kelompok boleh memilih musik yang disukai.

Musik itu mengalun lewat beberapa pengeras suara yang dipasang di dasar kolam dan menyebarkan musik ke seluruh kolam.
Para peserta diam, tak bersuara! Kondisi ini membuat tak merasa sudah dua jam lamanya mereka berada di dalam kolam. Setelah beranjak dari kolam, mereka mengaku tubuh dan kepala rasanya enteng. Kepuasan tampak di wajah mereka.

Kombinasi air, kehangatan, musik, dan cahaya bisa memberi ketenangan sudah diketahui orang sejak zaman Gerakan Abad Baru di Kalifornia, AS. Di Jerman, Mickey Reeman mengembangkan ide healing water dan mematenkannya dengan nama liquid sound. Pada Expo 2000 ia muncul dengan proyeknya itu. Prototipenya berupa sebuah bak rendam besar di lantai bawah tanah, yang dilengkapi dengan kubah berlampu dan pengeras suara di dasar kolam.

Banyak orang kini melakukan terapi air. Kalau Anda mau, juga bisa. Tak perlu pergi jauh-jauh. Anda bisa melakukannya sendiri. Caranya, mandi atau siramlah tubuh dengan air hangat. Kemudian berendam dalam air dingin yang bersuhu 18oC. Dengan cara demikian tubuh akan terlatih menghadapi berbagai serangan penyakit.

Bila Anda mengalami ketegangan otot, lakukan terapi mandi dengan air hangat bersuhu 37oC. Selain itu merendam kaki dalam air hangat yang bertemperatur 37 – 39oC bisa untuk mengobati gejala kurang tidur dan infeksi. Sedangkan mandi dengan pergantian rangsangan panas dingin akan menstabilkan kerja jantung dan aliran darah.

Mitos, Ibu Hamil Minum tentang minum Air Dingin

Peringatan itu hingga kini masih sering kita dengar kepada mereka yang sedang mengandung.
Meminum air putih dengan es batu masih dianggap memicu ukuran janin bayi menjadi besar ketika masih dalam kandungan. Namun dokter kandungan tegas-tegas membantah anggapan tersebut. "Itu lagi-lagi mitos yang tak benar. Yang membuat gemuk itu bukan es batunya, tapi gulanya," tandas dokter kandungan DR. dr Ali Sungkar, SpOG dalam diskusi Jakarta, Sabtu (9/6/2012). Dokter yang sehari-hari berpraktek di RS Ibu dan Anak Brawijaya dan RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) ini mengatakan, tidak ada kaitannya sama sekali antara es batu dengan memperbesar ukuran bayi dalam kandungan.

"Sementara terkadang kita kan tidak cukup dengan air es tapi ditambah gula, seperti es teh manis, es sirup. Ini yang bikin gemuk itu, kadar gulanya," ujar Ali. Tak hanya membuat ukuran bayi gemuk, Ali memperingatkan, bahaya diabetes atau kadar gula tinggi dalam darah baik terhadap si ibu maupun calon bayi jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis. Namun demikian, katanya, terkadang makanan manis juga diperlukan dalam kasus tertentu ketika berat bayi terlalu kecil sehingga juga membahayakan. Karena itu Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi es krim misalnya.

Terapi enam gelas air

Hanya dengan minum air putih, penyakit di bawah ini bisa disembuhkan. Anda tak akan percaya sebelum melakukannya. Di bawah ini daftar penyakit yang dapat disembuhkan oleh terapi ini:
Sakit Kepala, Asma, Hosthortobics, Darah Tinggi, Bronchitis, Kencing Manis, Kurang Darah, TBC Paru-paru, Penyakit Mata, Rematik, Radang Otak, Pendarahan di Mata, Lumpuh, Batu Ginjal, Mata Merah, Kegemukan, Penyakit Saluran Kencing, Haid tidak teratur, radang/Sakit persendian, Kelebihan Asam Urat, Leukimia, Radang Selaput Lendir, Mencret, Kanker Peranakan, Gangguan Jantung, Disentri, Kanker Payudara, Mabuk, Pusing, Gamang, Ambeien, Radang Tenggorokan, Batuk, Sembelit dll.

Bagaimana Air Minum itu bekerja?
Meminum air putih dengan metode yang benar akan memurnikan tubuh manusia. Hal itu membuat usus besar bekerja lebih efektif dengan cara membentuk darah baru, dalam istilah medis dikenal sebagai aematopaises. Bahwa mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan oleh metode ini, merupakan fakta yang tak terbantahkan, seperti teori yang menyatakan bahwa darah segar baru diproduksi oleh mucousal fold ini.

Bila usus bersih, maka gizi makanan yang dimakan beberapa kali dalam sehari akan diserap dan dengan kerja mucousal fold, gizi makanan itu diubah menjadi darah baru. Darah merupakan hal penting dalam menyembuhkan penyakit dan memelihara kesehatan, dan karena itu air hendaknya dikonsumsi dengan teratur.

Bagaimana melakukan terapi ini ?
  1. Pagi hari ketika anda baru bangun tidur (bahkan tanpa gosok gigi terlebih dahulu) minumlah 1,5 liter air, yaitu 5 sampai 6 gelas. Lebih baik airnya ditakar dahulu sebanyak 1,5 liter. Setelah itu Anda boleh melanjutkan kegiatan pagi hari lainnya.
  2. Hal sangat penting untuk diketahui bahwa jangan minum atau makan apapun satu jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air ini.
  3. Juga telah diteliti dengan seksama bahwa tidak boleh minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya.
  4. Bila memungkinkan, gunakanlah air hangat, air rebus atau air jernih yang sudah disaring.

Apakah Mungkin Minum 1,5 Liter Air sekaligus?
Untuk permulaan, mungkin akan terasa sulit meminum 1,5 liter air sekaligus, tapi lambat laun akan terbiasa juga. Mula-mula, ketika latihan anda minum 4 gelas dulu dan sisanya yang 2 gelas diminum dua menit kemudian. Awalnya anda akan buang air kecil 2 sampai 3 kali dalam satu jam, tetapi setelah beberapa lama, akan normal kembali. Menurut penelitian dan pengalaman, penyakit-penyakit berikut diketahui dapat disembuhkan dengan terapi ini dalam waktu:Sembelit – 1 Hari, TBC Paru-Paru – 3 Bulan, Kencing Manis – 7 Hari, Asam Urat – 2 Hari, Tekanan Darah Tinggi – 4 Minggu, Kanker – 4 Minggu.

Disarankan agar penderita radang/persendian dan rematik melaksanakan terapi ini tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam satu jam sebelum makan – selama satu minggu, setelah itu dua kali sehari sampai penyakitnya sembuh.

Adapun manfaat air putih yang lainnya yaitu sebagai penyembuh alami, untuk diet (minum air putih satu gelas setiap 11 kg kelebihan berat badan, misalnya tinggi badan 160 cm, dikurangi 110, berat badan ideal 50 kg, sehingga kelebihan berat badan sekitar ada 75 kg, jadi harus minum air putih sebanyak 2 gelas), untuk menyegarkan tubuh dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mandi Air Hangat Baik Untuk Kesehatan

Mandi air hangat ternyata lebih di anjurkan, daripada kita mandi dengan air yang dingin. Ini di karenakan, dengan mandi air hangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Lalu apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari mandi air hangat. Sahabat tips kesehatan, Berikut ini manfaat mandi air hangat bagi kesehatan :
  1. Dengan mandi air hangat, maka pori-pori pada kulit kita akan terbuka sehingga kulit kita tampak segar dan tidak kering.
  2. Dengan mandi air hangat, dapat meredakan penyakit batuk yang sedang menyerang kita. Ini dikarenakan dengan menghirup uang panas yang berasal dari air hangat tersebut mampu menghilangkan phlegm, yang merupakan penyebab iritasi pada tenggorokan kita.
  3. Dengan mandi air hangat, dapat memperlancar peredaran darah kita, yang mana salah satunya peredaran darah yang menuju keotak kita. Sehingga kita terhindari dari terserang migrain.
  4. Dengan mandi air hangat, dapat membantu menghilangkan rasa stress yang melanda pikiran kita yang sudah dipenuhi oleh segudang masalah yang ada.
  5. Dengan mandi air hangat, dapat meringankan penderita diabetes. Ini dikarenakan, dengan mandi air hangat atau berendam selama setengah jam mampu menurunkan tingkat gula darah yang ada bagi penderita diabetes.
  6. Dengan mandi air hangat, dipercaya mampu memperbaiki kesehatan organ jantung kita.
  7. Dengan mandi air hangat, membuat istirahat atau tidur kita akan lebih pulas. Sehingga ketika bangun, tubuh kembali ke performa terbaiknya. 

6 Jenis Air Yang Tidak Layak Dikonsumsi

Rumus kimia dari air putih adalah H2O. Begitu juga dengan air lainnya. Dari sisi kimiawi, air putih dan air lainnya memang memiliki rumus yang sama, namun pada kenyataannya, air putih jauh berbeda dengan air lainnya. Berikut enam jenis air yang tidak bisa dikonsumsi karena dampak negatif yang ditimbulkannya.
  1. Air Mentah. Menurut pemberitaan Network Health Channel, di dalam air mentah banyak terkandung bakteri, virus, serta parasit, yang dapat membahayakan tubuh manusia. Mengonsumsi air mentah akan sangat mudah terjangkit radang usus akut, radang viral hepatitis, typus, diare, dan infeksi parasitis. Terutama di sungai besar dan kecil, sumur, maupun waduk yang saat ini, telah terkontaminasi dengan limbah pabrik industri, limbah rumah tangga maupunpestisida, sehingga meminum air mentah akan mudah terserang penyakit. Air adalah sumber kehidupan. Mengonsumsi air putih sangat penting. Dengan tepat mengonsumsinya setiap hari tidak hanya dapat menjaga kesehatan, juga dapat mengobati penyakit.
  2. Air Bekas Kukus. Yang dimaksud air bekas kukus adalah sisa air yang digunakan untuk mengukus bakpao, mantau, dan lain-lain. Terutama air bekas kukus yang telah digunakan untuk mengukus berulang kali, karena kandungan Nitrat di dalamnya sangat tinggi. Jika sering mengonsumsi air seperti ini atau sisa air yang digunakan untuk memasak bubur, akan mudah keracunan Nitrat. Selain itu, kerak endapan pada air bekas kukus sering kali ikut masuk ke dalam tubuh, yang dapat mengakibatkan komplikasi pada pencernaan, syaraf, gangguan saluran seni, gangguan produksi sel darah, sirkulasi darah, dan lain-lain sehingga menyebabkan penuaan dini. Hal ini disebabkan karena kerak endapan air bekas kukus mengandung zat berbahaya seperti kadmium, raksa, arsenikum, aluminium, dan lain-lain.
  3. Air Yang Tidak Mendidih. Air PDAM yang diminum adalah hasil dari proses sterilisasi dengan menggunakan klorinasi. Setelah melalui proses klorinasipun, air masih mengandung 13 substansi berbahaya, diantaranya hidrokarbon yang terhalogenasi serta khloroform yang dapat mengakibatkan kanker danatogenik (kelainan/abnormal). Saat suhu air dipanaskan hingga 90°C,kandungan hidrokarbon yang terhalogenasi akan meningkat dari 53 mikrogram menjadi 177 mikrogram, atau lebih dari 2 kali lipat dari standard kesehatan air minum nasional. Pakar menuturkan bahwa meminum air yang tidak mendidih dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker prostat dankanker rectum (bagian akhir dari usus besar) 21%-38% lebih tinggi. Jika suhu air mencapai 100°C maka kedua zat berbahaya ini akan menguap mengikuti uap air dan kandungan dalam air akan berkurang drastis, jika air dibiarkan mendidih terus menerus selama 3 menit, akan lebih aman untuk dikonsumsi.
  4. Air Yang Dimasak Kembali. Ada orang yang memiliki kebiasaan memasak kembali air matang yang tersisa di dalam termos, dipanaskan kembali lalu diminum, agar hemat air, hemat energi, dan hemat waktu. Tapi “penghematan” seperti ini nampaknya tidak layak dilakukan. Karena air matang yang dimasak kembali akan membuat kadar air menguap kembali, sehingga kandungan Nitrat akan meningkat, dan sering mengonsumsi air seperti ini akan meningkatkan endapan Nitrat di dalam tubuh yang mengakibatkan keracunan.
  5. Air Minum Kemasan Yang Beraneka Ragam. Setelah mengetahui jenis-jenis air yang tidak boleh dikonsumsi, lalu bagaimana kita harus mengonsumsi air kemasan yang banyak beredar di pasaran? Silahkan simak penjelasan berikut! Air dari mata air pegunungan, air murni, air mineral, air basa lemah, mana yang sebaiknya kita minum? Dewasa ini air basa lemah menjadi semacam tren, ada semacam argumen yang mengatakan bahwa meminum air basa lemah dapat meningkatkan vitalitas pria.Bagi para dokter hal ini bukanlah akar permasalahannya, “Konsumsi air yang bertujuan untuk menjaga kadar air dalam tubuh, cukup dengan air putih.” Sementara kebutuhan akan mineral maupun nutrisi dapat diperoleh dari konsumsi bahan makanan lainnya. “Justru masalah seperti kerak endapan yang timbul di dispenser air, kerak endapan akibat memasak air berkali-kali, adalah hal-hal penting yang harus diperhatikan.” Saat ini masih terjadi perbedaan pendapat di kalangan pakar menanggapi efek manjur dari air basa lemah tersebut. Tubuh manusia memang bersifat basa lemah, namun di dalam tubuh manusia juga terdapat kemampuan biologis yang dapat mengatur keseimbangan asam dan basa, sehingga nilai pH dalam tubuh akan selalu stabil, karenanya tidak dibutuhkan penambahan air yang bersifat basa untuk menyeimbangkannya. Mengenai meningkatkan probabilitas mendapatkan anak laki-laki, sampai saat ini tidak ada dasar ilmiahnya sama sekali.
  6. Minuman Kemasan Sebaiknya “Teliti Sebelum Mengonsumsi”. Jenis minuman yang beredar di pasaran sangat beraneka ragam, dan banyak diantaranya yang diberi zat aditif, mineral, atau gula, dan boleh dikonsumsi sesuai dengan selera masing-masing, namun tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Minuman susu dan jus buah murni mengandung nutrisi serta zat yang berguna dalam kadar tertentu, jika dikonsumsi dengan benar dapat dimanfaatkan sebagai tambahan dalam menu makanan sehari-hari. Beberapa jenis minuman diberi tambahan mineral dan vitamin, yang cocok untuk dikonsumsi untuk kegiatan outdoor dan olahraga. Sementara minuman berkarbonat yang mengandung kadar gula dan pewarna dalam jumlah besar sebaiknya dikurangi.

Konsumsi 8 Gelas Air Putih Setiap Hari

Hampir semua orang mengetahui perlunya minum 8 gelas air putih dalam satu hari, tapi seberapa besar ukuran gelas yang digunakan untuk meminum 8 gelas air putih? Apakah itu termasuk kandungan air di dalam makanan?
Rekomendasi dari Asosiasi Gizi RRT yang dituangkan dalam Pedoman Makan dan Minum Seimbang menyebutkan orang dewasa perlu mengonsumsi air putih rata-rata 1.200 ~ 2.000 CC, angka ini jika disesuaikan dengan postur tubuh manusia dan perubahan cuaca, maka didapatlah angka 6 ~ 10 gelas air dengan gelas ukuran 200 CC, atau rata-rata 8 gelas sehari. “Ini belum termasuk kadar air yang terkandung di dalam makanan.”
Minum air sebaiknya dalam jumlah sedikit dengan frekuensi sering, jangan menunggu hingga kehausan baru meminum air. Menambahkan air dalam keadaan dehidrasi atau kekurangan air akan menyebabkan tubuh menyerap air dengan cepat, tapi juga akan segera dibuang melalui metabolisme, sehingga justru menyebabkan efektifitas penyerapan air oleh tubuh menjadi menurun.

Tidak Baik Mengonsumsi Air Putih Dari Kemasan Plastik

Menurut informasi, sebagian besar gelas plastik mengandung zat beracun seperti Poly Ethylene dan lain-lain. Dalam suhu normal, gelas jenis ini tidak bermasalah. Pada saat gelas diisi air bersuhu tinggi, atau digunakan terlalu lama, maka zat berbahaya ini akan dilepaskan, dan ada laporan yang menyebutkan bahwa sering meminum air dari wadah plastik dapat mengakibatkan kemandulan pada pria maupun perempuan, namun hingga saat ini belum ada pembuktian secara klinis. Minum air sebaiknya dari wadah kaca atau keramik.

Related product you might see:

Share this product :
Comments
0 Comments

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PUSAT HERBAL DAN TERAPI SOLO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...