Plantar fasciitis (Nyeri Tumit)

Artikel
Plantar fasciitis adalah penyebab paling umum dari nyeri tumit. Plantar fascia adalah jaringan flat band (ligamen) yang menghubungkan tulang tumit ke jari kaki Anda. Plantar fascia mendukung kelengkungan kaki Anda. Jika plantar fascia Anda , maka akan mengakibatkan plantar fascia melemah, membengkak, dan iritasi (meradang). Hal ini menyebabkan tumit atau telapak kaki Anda sakit ketika Anda berdiri atau berjalan.
Plantar fasciitis ini umum terjadi pada orang setengah baya. Hal ini juga dapat terjadi pada orang muda yang banyak berdiri, seperti atlet atau tentara. Plantar fasciitis dapat terjadi pada satu kaki atau kedua kaki.
Plantar fasciitis disebabkan oleh peregangan ligamen yang mendukung kelengkungan kaki Anda. Peregangan berulang dapat menyebabkan robekan kecil di ligamen. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan. Plantar fasciitis lebih mungkin terjadi jika:
  • Kaki Anda memutar ke dalam terlalu banyak ketika Anda berjalan (pronasi berlebihan).
  • Anda memiliki kelengkungan kaki yang tinggi atau kaki datar.
  • Anda berjalan, berdiri, atau berjalan dalam jangka waktu yang lama, terutama di permukaan yang keras.
  • Anda kelebihan berat badan.
  • Anda memakai sepatu yang tidak sesuai atau sudah usang.
  • Anda memiliki tendon Achilles atau otot betis yang kencang .
Kebanyakan orang dengan plantar fasciitis merasakan sakit ketika mereka mengambil langkah pertama setelah bangun dari tempat tidur atau duduk untuk waktu yang lama. Kekakuan dan nyeri tersebut mungkin berkurang setelah beberapa langkah. Tetapi kaki Anda mungkin menjadi lebih sakit seiring waktu berjalan. Kaki mungkin terasa paling sakit ketika naik tangga atau setelah Anda berdiri untuk waktu yang lama.
Jika Anda memiliki sakit kaki di malam hari, Anda mungkin memiliki masalah yang berbeda, seperti radang sendi (arthritis), atau masalah saraf seperti sindrom tarsal tunnel.
Dokter Anda akan memeriksa kaki Anda dan melihat bagaimana Anda berdiri dan berjalan. Dia juga akan bertanya tentang:
  • Kesehatan masa lalu Anda, termasuk penyakit atau cedera yang telah Anda alami.
  • Gejala-gejala Anda, seperti di mana rasa sakit dan kapan kaki Anda terasa paling sakit.
  • Seberapa aktif Anda dan apa jenis aktivitas fisik yang Anda lakukan.
Dokter Anda mungkin melakukan sinar-X pada kaki Anda jika Dokter mencurigai ada masalah dengan tulang-tulang kaki Anda, seperti patah tulang.
Tidak ada satu pengobatan terbaik untuk semua orang dengan plantar fasciitis. Tapi ada banyak hal yang dapat Anda coba untuk membantu kaki Anda menjadi lebih baik:
  • Berikan kaki Anda istirahat. Mengurangi kegiatan yang membuat kaki Anda sakit. Cobalah untuk tidak berjalan atau berlari pada permukaan keras.
  • Untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan, cobalah untuk menempatkan es pada tumit Anda. Atau minum obat pereda nyeri OTC (over-the-counter) seperti ibuprofen (Advil atau seperti Motrin), naproxen (seperti Aleve), atau aspirin.
  • Lakukan peregangan kaki, betis dan handuk beberapa kali sehari, terutama ketika Anda pertama kali bangun di pagi hari. (Untuk peregangan handuk, tarik kedua ujung handuk yang Anda letakkan di bawah bola kaki Anda.)
  • Beli sepasang sepatu baru. Pilih sepatu dengan dukungan kelengkungan yang baik dan sol yang empuk. Atau coba heel cup atau shoe insert (orthotics). Gunakan di kedua sepatu, bahkan jika hanya satu kaki yang sakit.
Jika perawatan tersebut tidak membantu, dokter mungkin memberikan Anda splints yang Anda kenakan di malam hari, suntikan obat steroid di tumit Anda, atau perawatan lainnya. Anda mungkin tidak memerlukan operasi. Dokter hanya menyarankan operasi untuk orang-orang yang masih memiliki rasa sakit setelah mencoba perawatan lain selama 6 sampai 12 bulan.
Plantar fasciitis paling sering terjadi akibat cedera yang terjadi seiring waktu. Dengan pengobatan, rasa sakit Anda akan berkurang dalam beberapa minggu. Tapi mungkin memerlukan waktu agar rasa sakit hilang sepenuhnya. Hal ini mungkin perlu waktu dari beberapa bulan sampai satu tahun.
Tetap lakukan perawatan Anda. Jika tidak, Anda mungkin mengalami rasa sakit yang konstan ketika Anda berdiri atau berjalan. Semakin cepat Anda memulai pengobatan, semakin cepat sakit kaki Anda sembuh.
Sumber: WebMD

Related product you might see:

Share this product :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Didik Dharmadi | +6282328564181 | Solo Therapi Holistic
Copyright © 2011. PUSAT HERBAL DAN TERAPI SOLO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...