Efek Bekam Terhadap Organ Tubuh

Artikel

Dekade ini banyak sekali terapi-terapi komplementer muncul ditengah masyarakat, Sekarang saya akan menuliskan salah satu manfaat terapi bekam terhadap organ tubuh manusia. 

Efek Bekam terhadap Kulit

  1. Bekam berperan menstimulasi folikel rambut dengan mengingkatkan sirkulasi darah ke kulit sehingga meningkatkan suplai nutrisi yang baik untuk rambut dan akar rambut. (Pernah dilakukan satu eksperimen pembekaman terhadap seorang pria yang berusia 35 tahun, terlihat bulu-bulu halus yang mirip dengan bulu punggung tubuh pada bagian yang dibekam. Bulu ini bertambah panjang dan lebat sehingga mencapai 1,5 cm setelah dilakukan 140 kali pembekaman kering).
  2. Suhu kulit meningkat dan sebuah kawasan berwarna merah terbentuk. Ini menunjukkan terjadinya peningkatan metabolisme makanan dikulit dan kemanfaatan yang diperoleh sel-sel kulit dari darah yang sampai kepadanya.
  3. Aktivitas kelenjar keringan dan kelenjar lemak meningkat, pori-pori kulit membuka setelah dilakukan pembekaman.
  4. Peranan bekam terbatas pada pembersihan darah yang mengendap (Stagnat blood) dari kulit, namun juga menghilangkan zat-zat berbahaya yang mengendap dibawah permukaan kulit.
Efek Bekam terhadap Otot
  1. Bekam berperan menstimulasi sirkulasi darah di otot sehingga menghilangkan kekejangan otot.
  2. Isapan bekam mengeluarkan gumpalan darah yang terdapat di dalam otot sebagai akibat memar di kulit.
  3. Bekam berperan mengantar oksigen yang dibutuhkan oleh serat-serat otot, meningkatkan penyerapan oksigen oleh sel-sel setelah pembekaman, sehingga menguatkan dan memperbaiki fungsi otot.
  4. Bekam berperan mengeluarkan zat asam laktat dari otot sehingga menghilangkan kelelahan dan sumbatan otot.
Efek Bekam terhadap Tulang
  1. Bekam berperan menstimulasi sirkulasi darah di dalam persendian sehingga mengurangi sakit yang disebabkan oleh penyakit rematik dan lain-lain.
  2. Zat nitrit oksida berperan mengurangi bengkak dan tertahannya cairan di persendian akibat pembekakan.
  3. Bekam berperan menstimulasi membran sinovial untuk mengeluarkan zat minyak atau cairan sinovial yang berfungsi mengurangi pergesekan sendi, memudahkan gerak, dan pada akhirnya juga mencegah terjadinya kekakuan sendi.
  4. Dengan  isapan yang terkadang mencapai 10 cm di dalam tubuh, bekam berperan meningkatkan rangsangan terhadap selaput disekeliling tulang (periostium) untuk membangun tulang dan meningkatkan kadar kalsium tulang.
  5. Bekam berperan mengeluarkan zat-xat berbahaya yang mengendap di persendian seperti kristal-kristal asam urat yang menyebabkan penyakit gaut dan kekakuan sendi. 
Efek Bekam terhadap Sistem Pencernaan.
  1. Kuatnya isapan alat bekam mengatur sekresi asam lambung dan enzim pencernaan yang ada dilambung, sehingga meningkatkan kualitas pencernaan dan penyerapan makanan.
  2. Bekam berperan mengatur gerakan usus, melalui isapan langsung atau melalui stimulasi saraf, terutama saraf vagus, yang terhubung dengan usus melalui beberapa bagian di punggung.
  3. Bekam juga berperan menstimulasi sel hati dan sel pangkreas serta memperbaiki fungsinya.
Efek Bekam terhadap Darah
  1. Bekam menstimulasi sirkulasi darah di tubuh secara umum melalui zat nitrit oksida yang berperan meluaskan pembuluh darah.
  2. Bekam berperan mengurangi darah dan cairan yang menyertai proses peradangan dengan cara mengeluarkan cairan-cairan ini dari celah-celah antar sel. contohnya zat pemicu peradangan histamin.
  3. Bekam meningkatkan jumlah sel darah merah, meningkatkan jumlah sel darah putih, mengubah kondisi darah menjadi normal, membersihkan darah dan menjernihkann otak.
Efek Bekam terhadap Sistem Saraf
  1. Bekam menstimulasi dan meningkatkan kerja ujung saraf sensori di kulit, sehingga dampak yang dimunculkan tidak hanya pada bagian yang diterapi, tetapi mampu menjalar ke seluruh tubuh.
  2. Bekam meningkatkan sistem informasi pada organ syaraf seperti sumsum tulang belakang dan orak.
  3. Bekam mengatasi masalah sistem saraf simpatik, seperti kecemasan, takut dan depresi.
  4. Bekam secara keseluruh memberikan rasa rileks dan nyaman.
Selamat mencoba terapi bekam yang aman dan amanah.....!!!

Related product you might see:

Share this product :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Didik Dharmadi | +6282328564181 | Solo Therapi Holistic
Copyright © 2011. PUSAT HERBAL DAN TERAPI SOLO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...