Minyak Zaitun

Rp 120.000,- 
SEJARAH MINYAK ZAITUN

Pada abad 15 SM, pohon zaitun banyak dibudidayakan di Kreta, Yunani, Siria, Palestina, Israel, Turki dan Mesir. Sampai 1500 SM, sejarah kuno menyatakan bahwa Komoditas ini dikuasai oleh bangsa Yunani.

Tahun 1100 sesudah Masehi, Tuscany terkenal dengan buah zaitunnya yang berkualitas tinggi. Namun tahun 1400, Italia berhasil merebut gelar negara penghasil minyak zaitun nomer satu di dunia.

Pada abad ke-16, Spanyol mulai membudidayakan pohon zaitun yang juga disebut sebagai emas cair ini.Saat ini, sebagian besar minyak zaitun diproduksi oleh Spanyol, Itali dan Yunani. Sisanya oleh California, Australia, dan Amerika.

Minyak zaitun yang dihasilkan dari pohon zaitun merupakan produk asli hasil tani di benua Asia Kecil dan penyebarannya dimulai dari Iran, Suriah dan Palestina sehingga keseluruhan Mediterranean semenjak 6,000 tahun yang lalu. Pohon zaitun yang penuh berkah ini disebut dalam Alquran, dalam surat An-Nur. Sejak 1400 tahun yang lalu, Nabi Muhammad SAW telah menasihatkan kepada umat Islam agar menggunakan minyak zaitun untuk kesehatan. Kandungan minyak zaitun antara lain adalah fenol, sterol, pigmendan squelen yang memainkan peran penting dalam kesehatan manusia

JENIS MINYAK ZAITUN

Pada umumnya, minyak zaitun diambil dari dua jenis buah zaitun. Yaitu yang berbuah hitam dan yang berbuah hijau. Dari kedua merk ini kita mengenal istilah Extra Virgin, Virgin, Light, Classic, dan Extra Light. Untukmembedakannya, kita harus melihat proses pembuatan minyak zaitun ini.

Minyak zaitun yang menghasilkan kualitas tertinggi harus sudah diperas dalam waktu 2X24 jam. Setelah dipetik, buah zaitun ini akan diperas dengan gilingan batu granit atau baja. Metode pemerasan ini disebut dengan “perasan dingin” (First Cold Press). Nah, minyak zaitun muncul dari perasan pertama inilah yang disebut dengan Extra Virgin. Perasan kedua disebut dengan Virgin.

Setelah diperas sebanyak dua kali, Buah zaitun harus diperas dengan cara lain supaya bisa mengeluarkan minyak lagi. Untuk itu diperlukan air panas. Nah, minyak hasil perasan ini akan memunculkan istilah Pure Olive Oil, Extracted, Refined, dan Pomance.

Apa bedanya Extra Virgin dengan Extra Light ? Secara sekilas Extra Lightmemberi kesan lebih rendah lemak/kolesterol. Padahal hanya merujuk pada warnanya yang lebih light atau bening atau terang.

Mana yang lebih baik antara Pure Olive Oil dangan Extra Virgin Olive Oil ? Tentu saja Extra Virgin. Refined Olive Oil berarti rasa dan kualitasnya dibuat secara sintesis, bukan dibuat dari sari minyak zaitun. Tetap Extra Virgin dengan metode Cold Press lebih baik

MANFAAT MINYAK ZAITUN

Untuk dapat mengetahui manfaat minyak zaitun bagi kesehatan dan tubuh kita maka kita harus melihat komposisinya. Kebetulan, kandungan gizi yang saya tulis di bawah ini jenis Olive Oil Extra Virgin (OOEV).


Minyak Zaitun Softgel
KANDUNGAN LENGKAP MINYAK ZAITUN

Kandungan lengkap dari Minyak Zaitun ini adalah Nol persen Kolesterol inilah yang menyebabkan minyak zaitun ini terkenal. Sebab hampir tidak ada minyak lainnya yang memiliki kadar kolesterol serendah minyak zaitun ini.

Kita mengetahui bahwa ada lemak baik (HDL) dan lemak jahat (LDL). Yang masih belum banyak orang kenal adalah lemak jenuh dan lemak tak jenuh apalagi lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

Membahas semua lemak ini akan mengalihkan pembicaraan kita mengenai khasiat minyak zaitun. Untuk itu saya akan menulis lebih lanjut mengenai lemak ini di artikel lainnya. Sementara ini, yang perlu anda ketahui adalah minyak zaitun mempunyai manfaat menaikkan lemak baik dan menurunkan lemak jahat. sekaligus, dalam satu jalan!

Minyak sayur, minyak jagung, dan minyak kedelai yang terkenal sehat pun masih kalah jika dibandingkan dengan minyak zaitun ini. Orang tahu kalau minyak – minyak tadi menurunkan kolesterol jahat, yang tidak mereka ketahui adalah minyak ini juga menurunkan kolesterol baiknya. Bandingan dengan minyak zaitun yang menaikkan HDL namun menurunkan LDL.

Minyak Zaitun Extra Virgin memiliki kandungan Polifenol yang cukup tinggi. Satu liter minyak zaitun mengandung 200-800ml Polifenol. Namun masih kalah dengan extrak daun zaitun yang mengandung 6360-8190 ml perliternya. Polifenol juga banyak terdapat pada anggur, apel, jeruk dan teh. Katanya, teh bunga rosella mempunyai kandungan polifenol yang sangat tinggi.

Minyak Zaitun Softgel adalah minyak yang diekstrak dari buah zaitun. Minyak zaitun mempunyai rasa yang unik dan kelebihan anti oksidan yang tinggi. Bisa dimanfaatkan untuk memperlambat proses penuaan, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko kanker kolon, payudara dan kulit. Sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Minyak Zaitun Softgel adalah minyak yang diekstrak dari buah zaitun. Minyak zaitun mempunyai rasa yang unik dan kelebihan anti oksidan yang tinggi. Bisa dimanfaatkan untuk memperlambat proses penuaan, membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi resiko kanker kolon, payudara dan kulit. Sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Minyak zaitun dianggap sebagai minyak yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh yang tinggi (utamanya oleik dan polifenol). Polifenol adalah kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan, berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Antioksidan polifenol dapat mengurangi resiko penyakit jantung, pembuluh darah, kanker, dan alzheimer.

Minyak Zaitun Softgel

KHASIAT MINYAK ZAITUN SOFTGEL :

  • Menjaga kesehatan pembuluh darah jantung, sehingga menurunkan resiko serangan penyakit jantung koroner. Hal ini karena kandungan mono unsatureted fat (lemak tak jenuh), terutama asam oleat, dalam minyak zaitun.
  • Kandungan senyawa fenol dalam minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menjaga elastisitas dinding pembuluh darah arteri
  • Mencampurkan minyak zaitun ke dalam makanan dan menggosokkan pada kulit secara rutin dapat melembabkan kulit.
  • Sebagai laksatif ringan untuk memudahkan proses buang air besar.
  • DR. Scoot Grandy dari Universitas Texas dan DR. Satsoon dari Universitas California, keduanya mengadakan penelitian tentang menurunnya jumlah penderita penyakit liver pada sebuah daerah yang masyarakatnya menjadikan minyak zaitun sebagai campuran makanan
  • Minyak zaitun dapat melindungi kita dari serangan penyakit arteriole (saluran darah kecil di hepar/liver dan menghambat naiknya kolesterol darah), tekanan darah dan diabetes sebagaimana ia melindungi dari serangan sebagian penyakit kanker. 
  • Menurunkan tingkat kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL, tanpa menimbulkan dampak negatif, sehingga organ hati dan jantung akan terjaga. 
  • Kebiasaan menggunakan minyak zaitun memberikan peluang cukup besar untuk dapat melindungi diri dari sejumlah serangan kanker: usus besar/kolon, rahim, indung telur/ovarium, payudara, lambung, kulit/melanoma. 
  • Mengurangi timbulnya tukak lambung.
  • Menghindarkan dari pembentukan batu empedu (gallstone) 
  • Antioksidan dan anti kanker 
  • Membantu keseimbangan metabolisme tubuh, pertumbuhan tulang dan tubuh yang baik (khususnya anak-anak). 
  • Mengandung Vitamin E. 
  • Sebagai kosmetik dan tonik rambut (kulit dan rambut). 
  • Membunuh kutu kepala jika digunakan sebagai minyak rambut. 
  • Mengurangi peradangan sendi.

Related product you might see:

Share this product :

No comments:

Post a Comment

 
Support : Didik Dharmadi | +6282328564181 | Solo Therapi Holistic
Copyright © 2011. PUSAT HERBAL DAN TERAPI SOLO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...